DO’A MALAIKAT UNTUK MUKMININ

┏━━━•• ﷽ ••━━━┓
TADABBUR JUM’AH
MUBARAKAH
(74)
┗━━━•• .❁.••━━━━┛

DO’A MALAIKAT UNTUK MUKMININ

بسم الله الرحمن الرحیم

{ ٱلَّذِینَ یَحۡمِلُونَ ٱلۡعَرۡشَ وَمَنۡ حَوۡلَهُۥ یُسَبِّحُونَ بِحَمۡدِ رَبِّهِمۡ وَیُؤۡمِنُونَ بِهِۦ وَیَسۡتَغۡفِرُونَ لِلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ۖ رَبَّنَا وَسِعۡتَ كُلَّ شَیۡءࣲ رَّحۡمَةࣰ وَعِلۡمࣰا فَٱغۡفِرۡ لِلَّذِینَ تَابُوا۟ وَٱتَّبَعُوا۟ سَبِیلَكَ وَقِهِمۡ عَذَابَ ٱلۡجَحِیمِ }

“(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan (malaikat) yang berada di sekelilingnya bertasbih dengan memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka yang menyala-nyala.” [QS. Ghafir: 7]

# Informasi Allah tentang karakter para malaikat pemikul arsy; tasbih diiringi tahmid, keimanan sempurna kepada Allah, dan memohonkan ampun bagi orang beriman. Sunnah dalam berdo’a adalah mengawali dengan pujian kepada Allah, lalu berdo’a. Sebagaimana para malaikat ketika memohonkan ampun bagi orang beriman, mereka mengawalinya dengan pujian.

 

# Malaikat pemikul arsy senantiasa bertasbih dan bertahmid sebagai pujian dan sikap rendah akan keagungan Allah, mereka mengimani keberadaan dan keesaan Allah serta senantiasa memohonkan ampunan Allah kepada orang-orang yang memperbaiki diri, bertaubat dan mengikuti agama Allah serta permohonan para malaikat agar kedua golongan ini Allah jaga dari azab neraka yang menyala-nyala.

 

# Pujian malaikat kepada Allah mengandung tiga sifat; ketuhanan, rahmat dan ilmu. Ketuhanan tanda penciptaan, rahmat tanda bahwa sisi kebaikan dan rahmat didahulukan daripada kemudharatan. Dan Allah ta’ala menciptakan makhluk untuk rahmat dan kebaikan bukan kemudharatan dan kejahatan.

 

# Di antara kebaikan dari do’a malaikat untuk orang beriman; permohonan ampunan bagi orang yang bertaubat dari syirik dan maksiat dengan mengikuti Islam, permohonan keselamatan dari azab neraka supaya tidak menimpa mereka, permohonan agar dimasukkan ke dalam surga ‘Adn, dan perlindungan orang beriman dari balasan kejahatan yaitu pemeliharaan mereka di dunia dari akidah sesat dan amal yang rusak. Pemeliharaan dari azab adalah bukti rahmat Allah ta’ala untuk memasukkan mereka ke dalam surga.

 

# Indahnya Islam ketika seorang hamba bertaubat dan senantiasa berupaya memperbaiki diri serta istiqamah di jalan Allah, mendorong para malaikat untuk mendo’akan mereka. Menurut Ali bin Abi Thalib ra, taubat adalah; Pertama, menyesal atas dosa-dosa yang pernah diperbuat. Kedua, mengulang kewajiban-kewajiban yang pernah ditinggalkan. Ketiga mengembalikan hak orang lain yang diambil secara zhalim Keempat, meminta kehalalan kepada lawan seteru. Kelima, berazam (bertekad kuat) untuk tidak mengulangi kembali. Keenam, senantiasa menggembleng diri di dalam ketaatan sebagaimana sebelumnya pernah menggembleng dalam kemaksiatan.

 

# Abdullah bin Mas’ud ra berkata, Aku mendengar Rasulullah saw bersabda:

الندم توبة..

Menyesal adalah taubat.

(HR. Imam Ahmad dan Ibnu Majah)

إن الإسلام یجب ماکان قبله وإن التوبة تجب ماکان قبلها .

~Sesungguhnya keislaman (seseorang) memotong dan menghapus apa yang diperbuat sebelum (masuk) Islam, dan sesungguhnya taubat memotong dan menghapus apa yang diperbuat sebelumnya.

(Shahih Bukhari dan Muslim)

 

# Sungguh merupakan kenikmatan dan kemenangan ketika para ayah-ibu, suami-isteri, dan anak-anak yang saleh/ah masuk surga bersama. Mereka bertaut dan bersatu pada tali keimanan. Jika tidak ada tali ini, maka putuslah hubungan di antara mereka.

 

Oleh:
Arief Rahman Hakim, M.Ag.
Pimpinan Pondok Pesantren Qur’an Kebantenan

 

🍃🍃🌺🍃🍃🌺🍃🍃

 

💰 =Donasi Wakaf= 💰
Bank Muamalat Indonesia
321 000 9484
An. Yayasan Pondok Qur’an Indonesia – YaPQI.

 

📲 Info lebih lanjut :
http://pondokqurankebantenan.com/index.php/category/kolom-pengasuh/
IG : https://www.instagram.com/pondokqurankebantenan/?hl=id
FB: https://www.facebook.com/pondokquran.kebantenan.5

 

 

 

Bagikan informasi ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email
Instagram